Cara Daftar Program Indonesia Pintar

Agustus 29, 2021 - Armada

Contoh Kartu Indonesia Pintar

Makassar – News Armada.com –  SEAKAN tanpa batas, program bantuan pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan pemberdayaan hingga hari ini masih terus dilaksanakan.

Tidak hanya menyangkut tentang bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan terhadap anak sekolah dalam sektor pendidikan juga dihadirkan.

Bagi keluarga/masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses biaya pendidikan, Program Indonesia Pintar (PIP) dimaksudkan untuk mengurangi beban masyarakat dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut juga tak terlepas dari situasi pandemi covid-19 serta pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di berbagai wilayah Indonesia.

Hadirnya  PIP tersebut dapat membantu dan meringankan beban masyarakat dalam dunia pendidikan.

Seperti yang dilansir dari Jurnalmakassarcom, Sabtu (28/8/2021) menjabarkan cara mendaftar atau cara mendapatkan bantuan PIP, seperti berikut:

Pertama, peserta didik diharapkan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) milik orang tua yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah.

Kedua, apabila tidak memiliki KKS, maka diharapkan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kelurahan/Desa setempat.

Ketiga, ketika telah memiliki SKTM atau KKS, daftarkan segera ke pihak sekolah terdekat.

Keempat, pihak sekolah akan mengusulkan nama peserta didik yang mendaftar untuk segera didaftarkan menjadi calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke Direktorat yang terkait.

Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten melakukan verifikasi dan mengusulkan calon penerima PIP Dikdasmen melalui aplikasi Sipintar berdasarkan hasil verifikasi.

Untuk mengklaim bantuan PIP tersebut, dokumen seperti KKS, KK, Akta Kelahiran, SKTM, Rapor Sekolah, Surat Pemberitahuan Penerima BSM dari kepala sekolah. (Abel S Usmanji/*)