Penertiban IMB Di Bontominasa Sebagai Layanan Jemput Bola.

Agustus 24, 2021 - Armada

Bulukumba NewsArmada.Com Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh pemerintah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum bagi pemilik bangunan.

Sayangnya meski ada peraturan resmi mengenai IMB, banyak pihak yang kurang mengindahkan aturan tersebut sehingga banyak dari bangunan (Rumah – rumah Permanen) yang berdiri tanpa memiliki IMB. Hal ini butuh perhatian lebih sehingga dari pihak Gabungan Terpadu dari beberapa Dinas  melakukan penertiban Izin mendirikan bangunan ( IMB) yang ada di desa Bontominasa, Selasa 24 Agustus 2021.

Dari pantauan wartawan ArmadaNews dinas yg tergabung Antara lain  dari  Dinas Perizinan, Dinas Tata Ruang, Dinas Perumahan, Perizinan, Satpol PP, Aparat Desa dan Kepala Dusun melakukan penertiban IMB yang ada di Desa Bontominasa.

Abdul Wahid selalu staf Perumahan yang ada Dalam rombongan itu mengatakan ” kami telah berkoordinasi dengan Camat dan Desa dan kami akan datang di semua desa, Kecamatan dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bulukumba ini untuk mendata bangunan-bangunan baru yang ada dan memberikan pembinaan agar pihak pembangun mengurus perizinannya, Dan ketika bangunan terbangun tanpa adanya izin, dari Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan maka kami akan memberikan Surat Teguran berkala hingga 3 kali, kemudian Satpol PP sebagai pihak pelaksana akan turun tangan apabila Surat Teguran tersebut tidak diindahkan untuk di adakan pembongkaran bangunan sesuai surat pemberitahuan yang diberikan.

Lanjut Abdul Wahid “Dan kalau ada Masyarakat bersedia untuk Pengurusan IMB nya maka Kami siap membantu, melengkapi Administrasi nya sampai IMB nya terbit dan insya Allah IMB kami antar Ke pemiliknya, Karena kami sistem nya jemput bola untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan IMB nya ucap Abdul Wahid pada wartawan Armada.

Kepala Dusun Ballatinggia ( Desa Bontominasa) Rivaldi menyambut baik Dengan adanya Penertiban ini Dia mengatakan “Dengan memiliki izin IMB pada bangunan , maka bangunan bisa dipertanggungjawabkan di mata hukum. Alhasil, hal ini juga akan memberikan pengaruh yang baik bagi masa depan bangunan, termasuk pada saat rumah (Bangunan) dijual ucap Kepala Dusun Muda Ini.

Lain lagi Baharuddin Mengatakan” Seharusnya petugas yang datang  Bukan hanya IMB yang ditanyakan, diakan Rombongan, alangkah bagusnya ada juga dari Dinas Pertanahan menjemput pengurusan sertifikat tanah, karena kita masyarakat tidak tahu menahu tentang pengurusan Sertifikat ini , buat apa ada IMB nya kalau Tanah nya tidak ada kepastian hukum kepemilikan Tanah, Ucap Baharuddin Tokoh masyarakat Bontominasa.

( Jusman )