Kisah Inspiratif Sumiati Kuliah S 2 Raih Cumlaude di Negara Cina

Agustus 9, 2021 - Armada

Oleh : Jusman S. Pd

(Kordinator Wilayah News Armada Com & Pemerhati Masyarakat)

SUMIATI atau biasa dipanggil Umi, adalah wanita cantik yang mendapatkan beasiswa yang tidak bisa dipandang rendah karena perjuangannya, kemampuannya kuliah di negeri Cina dengan mendapatkan predikat cumlaude. Ia berbagi tips dan sekarang aktif menulis buku dan tidak lama lagi akan launching.

Menempuh studi di luar negeri lewat jalur beasiswa menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Termasuk wanita asal Desa Bontominasa, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akrab disapa Umi ini, dan baru – baru ini didaulat sebagai duta Petani Milenial yang dikukuhkan dan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ia membagikan kisahnya pada wartawan Newsarmada.com spesial di bulan Kemerdekaan RI yang Ke 76, dan Dia berharap,  pengalaman nya menjadi inspirasi untuk kaum Milenial.

Umi adalah Mahasiswa International (MI) beasiswa chinese government scholarship 2017 di negeri Cina. Kuliah di luar negeri merupakan impiannya sejak sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ia mulai mempersiapkannya sejak lulus dari bangku SMK.

Sebagai anak petani dari kampung yang dibilang orang tuanya tidak tahu banyak dengan dunia pendidikan , Umi sempat tidak diizinkan untuk menempuh kuliah di luar negeri tapi Umi tetap menyakinkan Orang Tuanya (Ortu) untuk pergi merantau ke negeri orang.

Dengan bahasa Inggris yang pas – pasan Umi yang hobby menulis ini memulai perjalanan nya, Apply beasiswa ke negara-negara yang notabene berbahasa Inggris. Tahun 2017 lalu, saat ia searching google mencari daftar beasiswa yang rilis, waktu itu ia secara teliti membaca satu-persatu persyaratan yang wajib dipenuhi. Nah, tiba-tiba saja matanya fokus pada satu jenis beasiswa yang TOEFL atau IELTS optional, Chinese Government Scholarship dari pemerintah China, dinaungi oleh Chinese Scholarship Council. Kalau di Indonesia seperti beasiswa LPDP yang didanai oleh Kementerian Keuangan (Kemenku), beasiswa yang sangat bergengsi pokoknya.

Enam bulan lamanya adalah bukan waktu yang singkat. Suka duka ia lalui dalam mengurus dokumen beasiswa tersebut, akhirnya ia mendapatkan E-mail dari kedutaan besar Cina. Keberhasilannya mulai mendapat ujian, perjalanan di masa-masa awal perkuliahan mulai menampakkan tantangan yang berarti untuk impian besarnya. Kali ini adalah bagaimana cara survive di negara orang ( Cina). Cemoohan dan cacian terlontar dari teman seperkuliahannya yang meragukan kemampuan berbahasa Inggrisnya, ditambah lagi dengan bahasa mandarin sebagai persyaratan masuk jurusan membuat batinnya meringis pedih.

Namun lagi-lagi kegigihan tak membuatnya menyerah pada cemoohan orang lain. “Menjadi salah satu dari penerima beasiswa chinese government scholarship 2017 di Cina menjadi hadiah terindah dan obat kegagalannya bertubi-tubi,” ucap Umi dengan senyuman manis nya.

Saat kampus memberikan kursus bahasa mandarin selama dua semester , selama periode tersebut, Ia belajar banyak hal mengenai seni dan budaya cina, termasuk Chinese martial Art (Taijiquan dan Qigong). Sempat beberapa kali mendapatkan juara 1,2 dan 3 dalam beberapa kompetisi kungfu. Ada banyak kompetisi yang ia ikuti, seperti lomba pidato bahasa mandarin antar sesama mahasiswa internasional, sampai dikirim ke luar  kota untuk mengikuti lomba pidato berbahasa mandarin (China). Miss Universitas yang diadakan oleh club modeling competition yang mengantarkannya menjadi juara umum 2 (runner up 1) yang mana dihadihkan traveling ke beberapa kota.

Kompetisi  lari 100 meter, dan paling membanggakan adalah sering diundang untuk mempresentasikan Indonesia lewat festival budaya. Dari sekian banyak kegiatan yang ia ikuti, hanya Taiji dan Qigong yang ia sangat tekuni. Ada banyak bentuk Taijiquan dan Qigong yang berbeda namun ide dibalik latihan khususnya Qigong adalah sama, untuk membangun energi internal . Banyak manfaat yang didapatkan dari belajar Taijiquan dan Qigong, diantaranya adalah mencegah datangnya penyakit, meningkatkan kesehatan, dan memperpanjang hidup(umur), Kecintaannya terhadap Taijiquan dan Qigong mengantarkannya menjadi juara 1 The 4th China Bouzhou International health qigong expo dan Huatuo Wuqinxi health competition yang ke 11 dan dipercaya mengisi beberapa acara kampus untuk menampilkan
kemampuannya.

Hingga di suatu waktu ia menyadari, semua pencapaiannya selama ini adalah buah dari kesabarannya untuk tetap fokus dan gigih berjuang mengejar kesuksesan. Karena ia percaya bahwa ketika kesuksesan telah dicapai maka setiap mulut yang pernah menghina dan merendahkannya akan menutup dengan sendirinya dan akan berubah menjadi tepukan tangan. Bahkan ia berterima kasih dengan cemoohan dan hinaan itu karena membuatnya tegar, kuat dan termotivasi untuk lebih maju dan menggapai prestasi. inspirasi dari Umi.

Dan sekarang sudah kembali ke Indonesia Untuk sementara Waktu, Mempersiapkan Diri Untuk S. 3 Program Doktor ( Ph.D) Anhui Agricultural Universitas China, 2021-2024, Jurusan Regional rural development.

Untuk mengisi waktu luang Umi bercerita pada Armada “Membangun karir di bidang pertanian dan biasa mengisi pelatihan – pelatihan pertanian ( Dekat Dengan Petani Dengan menjadi Pembicara ) dan menjalin Kerja sama dengan BRE-China.
Co-Founder  Sociopus Indonesia, Platform Sociopus Indonesia menginisiasi social project platform dengan memanfaatkan sistem sumber sehingga masyarkat mampu berdaya secara global. Established 2021.

Dan beberapa tempat adalah mitranya
seperti , Kab. Barru dan Kab. Raha dan akan ekspansi ke beberapa kota lainnya.
Sebagai Kordinator divisi Manajemen Office dan pengembangan Agroindustri di PT.Al-Fatih Porang Indonesia dan didaulat sebagai duta petani Milenial yang dikukuhkan dan dilantik langsung oleh presiden RI.

Sumiati berharap pemerintah daerah dapat memakai Ilmunya dan memberikan ruang Untuk gagasan dan ide – idenya agar dia bisa mengapdi Terutama di Desa Bontominasa Kecamatan Bulukumpa Sebagai Desa Kelahirannya.

Pendidikan :

1. SMKN 8 Bulukumba, lulus tahun 2012.    Ketua Osis Pertama 2011

2. Universitas Islam Makassar 2012-2016, Jurusan Agribisnis Lulusan terbaik.

3. Magister (S2) di Anhui Agricultural University China 2017-2020, Fakultas Economi dan manajemen, jurusan ekonomi pertanian dan manajemen, Lulus Cumlaud 2020.

4. Beasiswa chinese Government Scholarship –Bilateral program
Program Doktor (P.hD) Anhui Agricultural Universitas China, 2021-2024, Jurusan Regional rural development.

5. Beasiswa Chinese Government scholarship-Silk and Road program
Sebagai awardee International Outstanding Student 2020
CO-Founder Edu-macca Private course platform konsultan pendidikan, Established 2020.

6. Dan Banyak lagi Organisasi yg Di ikuti.