Bupati Bulukumba Resmikan SPAM Desa Bontominasa

Juli 28, 2021 - Armada

Bulukumba, Newsarmada.com – Bupati Bulukumba A.Muchtar Ali Yusuf meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Acara peresmian dipusatkan di Alun Alun Desa Bontominasa Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, pada Rabu (29/07/2021).

SPAM ini merupakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2021 di Desa Bontominasa.

Acara peresmian di awali dengan penyampaian lapor dan sera terima hasil kegiatan oleh Kordinator KKM Air Kembali Desa Bontominasa (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) “Abdurahman” Dengan melaporkan dan menyerahkan dokumen hasil pelaksanaan Pansimas Desa Bontominasa.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil kordinator Penyuluh Pansimas Provinsi Sulawesi Selatan, Ir H. Hadlan.

Dalam sambutannya, Bupati Bulukumba Andi Mukhtar Ali Yusuf menyampaikan terimakasih kepada para pelaku program di tingkat desa yang telah sungguh-sungguh melaksanakan program Pamsimas dengan baik. Bupati berharap kedepannya sarana hasil kegiatan Pamsimas ini terus dikembangkan secara berkesinambungan sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan akses air Bersih yang layak Konsumsi pada tingkat masyarakat .

“Ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Dengan adanya bantuan ini tentu sangat bermanfaat dan mendukung ketersediaan air minum yang berkesinambungan bagi masyarakat Bontominasa ”tutur Bupati Bulukumba.

Bupati berpesan agar bantuan Pamsimas dapat dikelola dengan baik. “Oleh karena itu peran Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yang telah ditunjuk dapat bekerja dengan baik dan harus dapat memberikan distribusi air kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi didesa Bontominasa yg kekurangan Air” tambah Andi Utta Sapaan Akrab nya .

Sementara itu, Wakil Kordinator Penyuluh Pansimas Sulawesi Selatan Ir H. Hadlan. menyampaikan apresiasi atas penyelesaian pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan baik, lebih-lebih kegiatan peresmian ini termasuk yang Cepat dan tepat waktu yang dibiayai APBN tahun 2021, suatu capaian yang cukup membanggakan di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan masyarakat yang terus bekerja secara gotong royong dalam upaya mewujudkan ketersediaan air minum yang lebih baik di desa Bontominasa.

“Perlu disampaikan, dalam pengerjaan program Pamsimas ini dikerjakan melalui swakelola dengan waktu pengerjaan selama 90 hari Tapi selesai lebih cepat dari batas Waktu yg diberikan, ”Terang H. Hadlan.

Kepala Desa Bontominasa Lukman S. Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa program Pamsimas desa ini sudah dimulai sejak tahun 2015, namun sempat terhenti karena beberapa kendala pada kepala Desa sebelumnya. Setelah dirinya diberi amanah memimpin desa Bontominasa, dengan upaya dan dukungan dari masyarakat, akhirnya Pansimas ditahun 2021 bisa di nikmati masyarakat Bontominasa.

Untuk diketahui, sarana air minum yang dibangun di Desa Bontominasa terdiri dari 1 unit bak  4×4, jaringan pipa  sepanjang 2.500 meter, dan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Depan Kantor Desa sebanyak 1 unit. Sarana tersebut saat ini diakses oleh 209 Kepala Keluarga (KK).

Lukman Menambahkan ” Sarana dibangun dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) -APBN sebesar Rp 230 juta, sharing Inkes masyarakat sebesar Rp 7.170.000 , dan sisanya merupakan swadaya masyarakat yang terdiri dari gotong royong non tunai.

Puncak acara adalah penyampaian sambutan Bupati Bulukumba, A. Muchtar Ali Yusuf, sekaligus peresmian sarana air minum Pamsimas dengan menggunting pita dan membuka fasilitas kram yang terpasang di Depan Kantor Desa Bontominasa.

Kegiatan Peresmian Pansimas Desa Bontominasa berlangsung sederhana namun cukup meriah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

(Jusman)