Bendungan Tibona Rusak, Petani Terancam Gagal Panen

Juli 10, 2021 - Armada

BULUKUMBA NewsArmada.Com-Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bulukumba beberapa hari terakhir membuat bendungan di Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa rusak parah akibat banjir.

Kepala Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa, Abdullah, SH saat dikonfirmasi Wartawan Armada  meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Bulukumba memberikan perhatian khusus pada bendungan rusak akibat banjir tersebut.

Pasalnya, petani di wilayahnya itu sedang giat menggarap sawahnya. “Sekitar 80 hektare lahan dialiri bendungan itu. Jika rusak parah, petani yang merasakan dampak kekurangan air untuk penggarapan sawah Apalagi sekarang sudah Akan masuk musim kemarau dan sudah banyak petani yg resah,” kata dia. Sabtu, 10 Juli 2021.

Dia berharap, pemerintah memberi perhatian supaya bendungan tersebut segera diperbaiki. Dia juga menyebut kondisi bendungan tersebut kerusakannya cukup parah dan membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa, Asdar mengatakan, dinas terkait harus melakukan tinjauan langsung pada lokasi bendungan yang rusak.

“Pemda harus cari solusi, mengingat di Tibona sudah ada sawah yang beralih fungsi jadi kebun karena irigasi yang tidak diperhatikan,” kata dia.

Dia berharap Dinas terkait segera melakukan perbaikan pada bendungan yang rusak tersebut supaya kerusakan tidak bertambah parah.

(Jusman)