Akibat Debit Air Sungai Balantieng Berkurang, Ratusan Hektar Sawah di Tanah Harapan Bulukumba Terancam Gagal Panen

Juni 23, 2021 - Armada

Bulukumba, Newsarmada.com  Ratusan hektar sawah di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba terancam gagal panen akibat kekurangan air.

Arifin Para Kepala Desa Tanah Harapan kepada awak media mengatakan bahwa debit air sangat kurang dari sungai Ballantieng, sehingga yang masuk di sawah warga terbatas.

Lebih lanjut Arifin mengatakan ada sekitar 200 Hektar hamparan lahan persawahan di wilayahnya. Dirinya bahkan mengaku tiap malam sering begadang mengatur air petani secata bergiliran.

”Tiap malam saya bersama petani begadang dinda untuk mengatur air petani, supaya mereka bisa mendapatkan air secara bergiliran,” kata Arifin Para.

Salah satu petani desa Tanah Harapan menbenarkan hal tersebut kalau ratusan hektar tanaman padi terancam gagal panen akibat kurangnya debit air .

“Air yang selama ini diperoleh petani dari sungai Balantieng berkurang, sehingga mau tidak mau kami harus antri dan bergantian untuk mendapatkan pasokan air untuk tanaman padi kami,” kata Nurdin.

Nurdin juga mengatakan sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah atau dinas terkait . Padahal kondisi ini sudah kerap terjadi persawahan petani.

“Harusnya ada sumur bor disini pak, saat kurang debit air bisa dipungsikan itu sumur untuk mengairi sawah petani,” kata Nurdin.

Nurdin dan beberapa petani lainnya saat ditemui awak media berharap nantinya pemerintah bisa lebih meperhatikan petani, setidaknya, bantuan pemerintah tersebut berupa bendungan air kecil atau sumur bor.

Pewarta : Jusman