Harapan Masyarakat Berua dalam Ajang Silaturahmi Kamtibmas, Sedianya Mengaktifkan Kembali Siskamling

Juni 14, 2021 - Armada

Makassar, News Armada.com – Setelah menggelar kegiatan silaturahmi Kamtibmas dengan masyarakat Kelurahan Daya, Kapolsek Biringkanaya, Polrestabes Makassar, Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH.,S.IK kembali menghadiri kegiatan Silaturahmi Kamtibmas bersama Pemerintah Kelurahan Berua dan segenap elemen warganya yang digelar di kediaman Sirajuddin. P, SH selaku Ketua FK LPM Biringkanaya, jalan Berua 1 Kelurahan Berua Kecamatan Biringkanaya kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (13/6/2021).
Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Sekcam Biringkanaya, Andi Patiroi, SH.,MH., Lurah Berua, Andi Mansyur, S.Sos, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Ketua RT/RW se-Kelurahan Berua, dibahas masalah situasi kamtibmas masyarakat serta sangat diharapkan adanya saran dan pendapat dari undangan yang hadir guna menciptakan kamtibmas kondusif di tengah masyarakat.
Kapolsek Biringkanaya, Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH.,S.IK saat memberi sambutan mengungkapkan terima kasih bagi warga yang bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk bersama membahas masalah kamtibmas wilayah. Selain itu, kapolsek juga berharap setiap gangguan kamtibmas yang terjadi di masyarakat, selain melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, agar melibatkan juga RT/RW sebagai perangkat pemerintah terdekat dengan warga.
Melihat masih kurangnya kamera CCTV yang ada di wilayah, Kapolsek Biringkanaya, Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH.,S.IK menyarankan agar RT/RW atau warga yang berada di lokasi kejadian saat terjadi suatu kejahatan seperti jambret atau tawuran agar memvideokan untuk mengetahui lokasi, pelaku, kendaraan yang digunakan sehingga membantu kepolisian mengungkap kejahatan tersebut.
“RT, RW atau warga yang berada di lokasi kejadian seperti jambret atau tawuran, tolong divideokan agar dapat membantu pihak kepolisian mengungkap kejahatan tersebut “, ungkap Kapolsek.
Sekcam Biringkanaya, Andi Patiroi, SH.,MH., mengungkapkan ” warga hendaknya memberikan informasi yang benar, jadikan tetangga sebagai CCTV, dalam artian bahwa jika kita menjaga silaturahmi dan hubungan baik dengan tetangga, maka tetangga dapat memberikan informasi kepada kita jika terjadi sesuatu di rumah kita “, ungkap Sekcam
Saat sesi tanya jawab, sebagian besar Ketua RT/RW mengungkapkan bahwa warga Kelurahan Berua sangat mengharapakan kegiatan Siskamling kembali digalakkan serta bagi warga ekonomi mampu yang tinggal di jalan poros kiranya dapat memasang kamera CCTV, sebab dapat membantu keamanan lingkungan.
“Kami selaku warga, sangat mengharapkan kegiatan Siskamling diadakan kembali, demi keamanan warga”, saran seorang ketua RT yang hadir.
Dikonfirmasi seusai kegiatan, Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH.,S.IK mengungkapkan ” hasil pertemuan silaturahmi dengan warga Kelurahan Berua menyimpulkan bahwa mereka merindukan kegiatan Siskamling, baik melalui ronda bersama ataupun menggunakan jasa petugas keamanan lingkungan diadakan kembali”, ungkap Kompol Rujiyanto singkat.

📸 Pewarta  : Husain Jallo

✏️ Editor     : Abel S Usmanji