Pemkab Sinjai Menambah Alokasi Dana BPJS Kesehatan Karena Data Penerima Bantuan Iuran (PBI) Meningkat

Mei 22, 2021 - Armada

Sinjai, Newsarmada.com – Pemerintah Kabupaten Sinjai menambah alokasi dana untuk biaya BPJS kesehatan di tahun 2021. Alokasi dana Biaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas III yang ditanggung pemerintah Kabupaten Sinjai, yang diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) meningkat sebesar Rp54 miliar.

Kadis Sosial Kabupaten Sinjai Andi Muhammad Idnan mengatakan bahwa sinergitas pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan, merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah sehingga dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan bantuan BPJS kesehatan jika mendapatkan rekomendasi dari Dinsos.

Andi Muhammad Idnan juga menjelaskan bahwa tahun sebelumnya Pemda Sinjai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) alokasikan dana sekitar Rp. 48 miliar untuk biaya BPJS kelas III untuk warganya.

“Tahun 2020 lalu, jumlah biaya BPJS kesehatan yang ditanggung pemerintah sekitar Rp48 miliar. Sedangkan, namun di tahun 2021 ini meningkat menjadi Rp54 miliar, jumlah tersebut meningkat mengingat pembayaran BPJS kesehatan juga naik” Ungkap Andi Idnan.

Setiap bulan, lanjut Andi Idnan pemda Sinjai gelontorkan dana sekitar Rp. 4 miliar untuk pembayaran BPJS Kesehatan. Sementara, masih banyak masyarakat yang belum terdata dalam data Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan Kabupaten Sinjai.

Pada bulan April 2021 data jumlah penerima bantuan BPJS yang ditanggung Pemda, sebanyak 116.778 ribu jiwa. Itu pun lagi masih banyak masyarakat yang belum terdata,” beber Andi Idnan.

Saat ini Dinsos Kabupaten Sinjai selektif dalam menentukan penerima bantuan BPJS kesehatan.
Untuk itu pihak Dinsos, pasalnya pihak Dinsos Sinjai harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah artinya bantuan tersebut diprioritaskan bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

(Imam)