Hadir Sebagai Narasumber pada Kegiatan Bimtek yang di Gelar Oleh LPKNI, Andi Utta : Bumdes Harus Prospektif dan Inovatif

Mei 22, 2021 - Armada

Makassar, Newsarmada.com – Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independen (LPK I) gelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Hotel Swiss Belin Makassar, Sabtu (22/05/2021). dengan mengusung tema ‘Peningkatan Kapasitas Pemerintah Program Percepatan Pembangunan Desa Dalam Pengelolaan Bumdes”.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari terhitung sejak Jumat sampai dengan Minggu (21-23/05/2021) ini di ikuti oleh 85 peserta yang berasal dari pengurus Bumdes se Kabupaten Bulukumba.

Hadir sebagai narasumber Bupati Bulukumba A Muchtar Ali Yusuf, mengatakan, bahwa para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar lebih kreatif dalam mengembangkan kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

“Pengurus Bumdes harus jeli melihat potensi usaha untuk dikembangkan disetiap Desa. Selain itu, Bumdes juga harus memiliki perencanaan bisnis yang lebih prospektif dan inovatif dalam menjalankan aktifitasnya,” kata Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Andi Utta berharap, bahwa keberadaan Bumdes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa tersebut. Dan Pemerintah Desa juga diharapkan bisa membackup setiap kegiatan Bumdes untuk lebih berkembang.

“Yang terpenting bagaimana Pemerintah Desa melakukan penguatan kepada Bumdes yang dibentuk bersama masyarakat. Sehingga keberadaan Bumdes tidak menjadi formalitas semata karena tidak jelasnya kegiatan apa yang dilakukan,” ujar Andi Utta.

Lebih lanjut, Andi Utta menjelaskan bahwa Bumdes pada dasarnya merupakan penguatan
terhadap lembaga-lembaga ekonomi Desa, dan menjadi instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa melalui pengembangan usaha dan ekonomi.

(Ukis/Aslan)