Maraknya Curnak, Meresahkan Masyarakat Pajukukang

Mei 9, 2021 - Armada

Bantaeng, News Armada.com – Maraknya aksi pencurian ternak (Curnak) di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat warga resah.

Aksi Curnak kerap terjadi  bahkan berulang kali dilakukan pelaku di wilayah Polsek Pajukukang. Informasi yang dihimpun dari masyarakat setempat kalau ternak milik warga telah raib di gasak oleh pencuri ternak, Sabtu (27/03/2021). “Kuda saya hilang nacuri orang dua bulan lalu,” keluh Rifin.

H. Sandak juga ikut memberikan informasi bahwa, aksi pencuri sungguh kelewatan lantaran bukan cuma hewan ternak yang diumbat, kendaraan roda dua berupa motor sekalipun diambil.

“Bayangkan hewan ternak dan motorpun dicuri beberapa bulan lalu, namun sampai sekarang belum ada kejelasan dari pihak keamanan,” kata H. Sandak.

H. Sandak menambahkan, aksi para pelaku kejahatan ini tidak bisa dibiarkan merajalela, masyarakat sangat terganggu dan dapat merugi lebih banyak lagi bila terus-menerus melakukan tindak kejahatan di wilayah Kecamatan Pajukukang.

Keprihatinan ditunjukkan melalui aksi solidaritas masyarakat guna mencari ternak yang hilang. “Kami terpaksa berkumpul untuk mencari ternak-ternak kami yang hilang karena informasi keberadaannya hewan peliharaan maupun benda kami yang hilang dari pihak terkait tidak ada kepastiannya,” tutur Suddin.

Aksi Curnak semakin gencar dilakukan para pelaku kejahatan di wilayah Pajukukang yang tidak bisa diprediksi lagi. Kalau seperti pada aksi-aksi sebelumnya yang dilakukan pelaku kejahatan, yaitu pada waktu warga tidur sekitar pukul 03.45 Wita.

Carin salahsatu korban Curnak di Dusun Paku-Pakua, Desa Borongloe, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Rabu (07/04/2021).

“Kuda saya diambil tadi malam, tidak tau mau dibawah kemana oleh pencuri,” kesah Carin.

Hasil konfirmasi Kapolsek Pajukukang Iptu Irwan Effendy melalui telepon selulernya terkait dengan kejadian pencurian diwilayahnya menuturkan, patroli tiap malam tetap dilakukan di kecamatan Pajukukang dan kecamatan Gantarangkeke agar tercipta situasi kondusif dan aman.

“Tanpa adanya bantuan masyarakat suasana kondusif dan aman tidak tercipta, oleh karena itu, masyarakat dapat membantu dengan mengikat hewan ternaknya bukan diluar kandang tapi didalam kandang saja,” jawab Irwan Effendi.

Pewarta : M. Asbar

Editor     : Abel S