Kemensos RI Luncurkan Link “cekbansos” Untuk Penuhi Hak Informasi Publik

Mei 3, 2021 - Armada

Jakarta, Newsarmada.com – Dalam upaya memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial salah satunya Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial RI luncurkan link cekbansos.

Melalui link cekbansos.kemensos.go.id, para penerima bansos, dapat mengetahui apakah keluarganya terdaftar sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat konferesi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube Kemensos, Rabu (21/4/2021) mengungkapkan bahwa fitur aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan dan masukan serta harapan masyarakat.

“Melalui  link cekbansos.kemensos.go.id Risma berharap agar publik dapat memantau penerima dari program bantuan sosial  seperti program Batuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan beberapa program bantuan lainnya seperti program PKH dan BST dengan cara  menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya,” kata Risma

Pengembangan fitur berikutnya juga mencakup usulan baru dan sanggahan atas kepantasan penerima bantuan sosial. Usulan baru tersebut akan melalui proses verifikasi dan validasi pemerintah daerah guna tetap mendapat tetap menjaga integritas data.

Lebih lanjut link cekbansos.kemensos.go.id dapat dilakukan oleh siapa dimana masyarakat dapat mengakses data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses.

Apabila terdapat sanggahan, Kemensos dapat mengundang perguruan tinggi untuk melakukan proses pengendalian mutu. “Masukan perguruan tinggi akan menjadi pertimbangan Kementerian Sosial dalam memutuskan kepantasan kepesertaan dalam program bantuan sosial,” ujar Risma.

(Redaksi)