KPM BPNT Pangkep Berharap Penyaluran Bantuan Sebelum Lebaran

Mei 1, 2021 - Armada

Pangkep, Newsarmada.com – Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) Kabupaten Pangkep berharap agar penyaluran bantuan pangan dari pemerintah periode bulan Mei 2021 dapat dilaksanakan sebelum lebaran Idhul Fitri. Pasalnya program bantuan pokok berupa pangan yang di distribusikan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial ini sangat dinantikan masyarakat untuk melengkapi kebutuhan pangan mereka pada hari lebaran.

Salah satu KPM di Kecamatan Ma’rang inisial “N” saat di wawancarai mengungkapkan harapannya agar penyaluran bantuan pokok dari pemerintah dapat segera dilaksanakan sebelum lebaran, menurut “N” bantuan ini sangat diharapkannya untuk dinikmati dihari lebaran nanti.

“Iye kodong pak, seandainya bisa, sebelum lebaranmi dibagikan itu bantuan, supaya bisa dinikmati pas hari lebaran. Bantuan beras dan telur dari bagi saya pak sangat membantu, karena semenjak covid-19 ki kasian bantuan ituji yang bisa imbangi kebutuhan pokok keluargaku” Pinta “N” dengan nada sedih.

Sejauh ini pendistribusian dan jenis atau mutu sembako berupa beras 14 kg dan 1 rak telur yang dibagikan diseluruh wilayah di Kabupaten Pangkep masih terbilang lancar dan layak. Kendati demikian masih ada suara sumbang dari beberapa KPM yang mengeluh dengan saldo “Rp. 0”.

Pendamping BSP yang sempat di wawancarai Newsarmada.com yakni pendamping BSP Kecamatan Ma’ran Taufik membenarkan apa yang menjadi harapan KPM di wilayahnya, menurutnya hampir semua KPM berharap penyaluran bisa dilakukan sebelum lebaran.

“Hampir semua KPM pak, harapannya demikian, penyaluran bantuan dapat mereka terima sebelum lebaran, mengingat rata-rata kebutuhan pokok mungkin mengalami lonjakan harga, sehingga dengan penyaluran sebelum lebaran dapat mengurangi beban KPM untuk memenuhi kebutuhannya saat hari raya” ungkap Taufik pada Sabtu (01/05/2021).

Terkait dengan masih adanya keluhan KPM terhadap saldo “0” Taufik mengungkapkan bahwa memang sejauh ini di wilayah dampingannya masih ada keluhan KPM mengenai hal itu. Namun demikian menurut Taufik hal tersebut tidak hanya terjadi di Wilayah dampingannya saja, hampir semua Kecamatan di Kabupaten Pangkep terjadi keluhan yang sama.

“Hampir di semua Kecamatan Pak keluhan KPM mengenai kasus saldo “0” terjadi, bukan hanya di Kecamatan Ma’rang, namun selaku pendamping saya tetap memberikan support kepada setiap KPM yang mengalaminya untuk bersabar, dan menyampaikan ke KPM bahwa keluhannya sudah dilaporkan ke Tikor kabupaten untuk bagaimana dapat segera ditindak lanjuti” Ungkap Taufik pada Sabtu (01/05/2021).

Terlepas dari keluhan KPM terkait masalah saldo “0”, untuk meyakinkan agar penyaluran BPNT berjalan dengan lancar dan tepat sasaran pendamping BSP diseluruh Kecamatan di Kabupaten Pangkep menurut Taufik, mereka rutin membangun komunikasi dengan E-Warong terkait seperti apa yang menjadi keluhan KPM setelah penyaluran. Keluhan KPM kemudian oleh semua pendamping BSP dilaporkan ke Tikor Kabupaten untuk segera di evaluasi bersama.

Sebagaimana diketahui bahwa Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) ini di berikan kepada masyarakat yang kurang mampu setiap bulannya untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak covid 19.

(Redaksi)