Berikan Pemahaman Pada KPM BPNT Terkait Saldo Nol Pj Desa Barugariattang Hadirkan TKSK Kecamatan

April 21, 2021 - Armada

Bulukumba, Newsarmada.com – Pj Desa Barugariattang hadirkan TKSK BPNT Kecamatan Bulukumpa berikan pemahaman pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terkait saldo pada saat penggesekan kartu KKS KPM. Upaya yang dilakukan Pj Desa Barugariattang dalam bentuk sosialiasi yang dilaksanakan Aula kantor Desa Barugariattang, kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Rabu (21/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri, Pj, Desa Barugariattang, Pendamping BPNT, Sekdes, dan Anggota BPD serta para KPM di desa Barugariattang.

Dihadapan para KPM, Pj Desa Barugariattang, Andi Asdar Alif dalam sambutannya berharap, agar sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada KPM terkait saldo nol yang  sering dipermasalahkan saat penyaluran BPNT.

“Saya berharap dengan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada semua KPM  terkait sebab masih adanya saldo 0 di kartu KKS KPM BPNT” harap Andi Asdar Alif

TKSK (Pendamping BPNT) Kecamatan Bulukumpa Andi Arfan dalam penjelasannya di hadapan beberapa KPM mengatakan bahwa terjadinya Saldo nol (0) bukan ulah dari agen atau Pemerintah. Saldo 0 di kartu KKS KPM bisa jadi disebabkan tidak balancenya data KPM di Dinas Sosial dengan data kependudukan di Dinas Pencatatan Sipil. Karena tidak sinkronnya data tersebut sehingga banyak pula menyebabkan terjadinya data ganda KPM.

“Jadi perlu dipahami oleh keluarga penerima manfaat, bahwa terjadinya saldo nol itu bisa terjadi karena data KPM tidak sinkron dengan data yang ada di Disdukcapil, yang kedua bisa disebabkan adanya KPM memiliki identitas ganda atau KK ganda” jelas Andi Appang.

Andi Arfan berharap para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masih memperoleh saldo nol untuk tetap bersabar, karena saat ini menurutnya data KPM sementara masih dalam proses perbaikan.

“Jadi saya selaku pendamping berharap agar seluruh KPM yang masih memperoleh saldo 0 agar tetap bersabar, karena saat ini perbaikan data KPM sementara masih dalam proses, semoga hasil perbaikan data nantinya tidak ada lagi KPM memperoleh saldo 0” tutup Andi Appang.

(Jusman/Hendra)