Intensitas Daya Beli Masyarakat Meningkat Setelah Proses Bongkar Muat di Pindahkan ke Pasar Sentral Bulukumba

April 7, 2021 - Armada

Bulukumba, Armadanews.com – Kembalinya fungsi pasar sentral Bulukumba sebagai tempat pembongkaran bahan pokok seperti sayur, buah dan komoditi lain pada malam hari sangat disambut antusias oleh para pedagang dan masyarakat. Sebelumnya para suplayer sayur mayur ini berada di pasar cengkeng Kelurahan Terang-Terang, Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

Salah satu pedagang warga Bantaeng dari Kecamatan Loka, Desa Loka Jusman mengatakan sangat senang pemindahan bongkar muat dilakukan di pasar sentral, selain persoalan keamanan letak pasar sentral sangat strategis untuk proses bongkar muat, pengunjung jauh lebih banyak ketimbang ditempat sebelumnya.

“Cocok memang kalau disini pak, lebih banyak orang datang belanja karna letaknya di dekat jalan poros, selain itu penerangannya juga baguski, beda waktu masih di pasar Cekkeng, penerangannya kurang memadai yg ada penerangannya. Ungkap Jusman saat di wawancarai Newsarmada.com, Rabu (07/04/2021).

Di lokasi yang sama Ratna, Warga Jl. Samratulangi Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba merasa senang dengan dipindahkannya proses bongkar muat  dari pasar Cekkeng ke pasar Sentral Bulukumba. Selain aksesnya dekat dari tempat tinggalnya penerangan di pasar sentral sangat memadai.

“Semenjak dipindahkan kesini Pak saya sangat senang, karena dekat dari tempat tinggalku, apa lagi saya memang lebih suka belanja kebutuhan dapur saat bongkar muat, karena murah selain itu kalau di pasar sentral terangki tempatnya pak” Ujar Ratna kepada Newsarmada.com.

Kasi Bina Iklim Usaha Perdagangam dan Bina pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bulukumba Muhammad Syukur saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pemindahan para suplayer sayur mayur ini, semata-mata soal keamanan. Disini mereka mudah kita kontrol mereka.

Kepala pengelola Pasar Sentral Bulukumba saat dikonfirmasi oleh Armadanews.com Rabu (07/04/2021) mengatakan bahwa pemindahan bongkar muat dari pasar Cekkeng ke pasar Sentral disambut baik oleh pelaku usaha disekitar pasar Sentral, karena semenjak dipindahkan banyak pelaku usaha di sekitar pasar sentral seperti Warkop, warung makan dan warung lain dibanjiri konsumen. Selain itu pendapatan Pasar sentral yang merupakan pasar utama Kabupaten Bulukumba kelihatan hidup kembali saat malam hari.

“Alhamdulillah semenjak dipindahkan kesini pak, banyak pelaku usaha lain yang dihidupkan, misalnya Warkop, dan warung makan, dan saya menganggap proses bongkar muat sangat ideal memang jika dilakukan disini, karena pasar ini kan pasar induk Kabupaten, sehingga harus memang tampak hidup dengan adanya aktivitas jual beli” Urai Muh. Amir.

Muh. Amir juga menjelaskan bahwa aktifitas bongkar muat tetap dibatasi hingga pukul 21:00, karena tidak bisa di pungkiri ada juga transaksi jual beli dilakukan oleh non pedangan untuk kebutuhan esok hari nya, apalagi menjelang ramadhan dan bulan ramadhan nanti, otomatis intensitas daya beli masyarakat non pedagang akan semakin tinggi.

Terkait ada permintaan para pemasok sayur mayur waktu hingga pukul 12:00 Muh. Amir mengatakan bahwa untuk bongkar muat tidak dapat dipenuhi, menginggat mereka hanya statusnya bongkar muat, esok pagi hingga sore harinya ada aktfitas pedagang yang menjual hasil bumi dan perikanan di pasar sentral.

(Hendra/red)