Sebanyak 177 Pejabat Fungsional Resmi di Lantik Plt Sekda Kabupaten Kepulauan Selayar

April 6, 2021 - Armada

Kepulauan Selayar, Newsarmada.com – Sebanyak 177 orang pejabat fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar hari ini Selasa (06/04/2021) resmi dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Plt. Sekda Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si., di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar.

Pada pelantikan tersebut hadir Asisten Administrasi Dra. Dahlul Malik, M.H., Kepala BKPPD Drs. Muhtar, M.M., sejumlah pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Dari 177 orang yang hadir mengikuti pelantikan hanya sekitar 100 orang sesuai absen yang tertandatangani. Marjani Sultan meminta kepada Kepala BKPPD Kepulauan Selayar agar yang tidak hadir mengikuti pelantikan agar berkasnya tidak diproses.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Newsarmada.com, dari 177 orang yang dilantik 171 orang diantaranya dari pengangkatan pertama, sementara 6 orang lainnya melalui jalur penyusaian (inpassing).

Marjani Sultan dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelantikan fungsional pada hari ini sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan fungsional, maka wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa

“Pelantikan fungsional pada hari ini merupakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan fungsional, wajib dilantik dan diambil sumpah/janjinya menurut agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” kata Marjani Sultan.

Lebih lanjut Marjani Sultan menambahkan bahwa sumpah/janji PNS merupakan pernyataan kesanggupan PNS untuk mentaati kewajiban atau untuk tidak melakukan larangan yang ditentukan, diikrarkan di hadapan atasan yang berwenang menurut agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Pada hakekatnya sumpah/janji itu bukan saja merupakan kesanggupan terhadap atasan yang berwenang, tetapi juga merupakan kesanggupan terhadap Tuhan, bahwa yang bersumpah/berjanji akan mentaati segala keharusan dan tidak melakukan segala larangan yang telah ditentukan,” tambah Marjani Sultan.

Sementara sumpah/janji PNS Sultan Marjani juga menguraikan bahwa agar PNS sebagai aparatur negara, abdi negara, abdi masyarakat, dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, mempunyai kesetiaan dan ketaatan penuh terhadap pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta bermental baik, bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna, bermutu tinggi dan penuh tangggung jawab terhadap tugasnya.

Diakhir sambutannya Marjani Sultan mengucapkan selamat kepada para pejabat fungsional yang baru saja dilantik dan diambil sumpah/janjinya. Dirinya berharap agar mereka yang dilantik itu dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional, penuh tanggung jawab, berdedikasi tinggi dan penuh loyalitas untuk kemajuan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sesuai dengan keahlian yang dimiliki masing-masing.

(Hendra)