Agra Bulukumba Demo Menolak Rencana Bupati Datangkan Salim Group Berinvestasi Sawit

Maret 29, 2021 - Armada

Bulukumba, News Armada.com – Menolak rencana Bupati datangkan Salim group berinvestasi kelapa sawit di Bulukumba Aliansi Gerakan Reforma Agraria (Agra) Cabang Bulukumba, Gelar aksi besar-besaran depan Kantor Bupati Bulukumba, pada Senin (29/03/2021).

Aksi tersebut merupakan aksi Tahunan sebagai perayaan memperingati hari kaum tani tak bertanah (landless day).

Koordinator aksi sekaligus ketua Agra Bulukumba dalam orasinya mengatakan bahwa mendatangkan Salim group berinvestasi sama halnya memperparah rekam jejak konflik agraria di Bulukumba, sebab PT.Lonsum Tbk sendiri merupakan anak perusahaan Salim Group.

Konflik Agraria atau Sengketa Lahan perkebenun PT.Lonsum dengan warga hingga saat ini belum selesai.

“Seharusnya Bupati Bulukumba mengajak Salim group melalui anak perusahaannya PT. Lonsum Tbk untuk segera menyelesaikan konflik agraria yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Kata Ketua Agra Bulukumba, Rudi Tahas.

Aksi demonstrasi sempat memanas saat salah seorang menegur dan menunjuk salah satu orator yang sedang berorasi menyampaikan aspirasinya. “Janganko sembarang bilang disitu”

Hal tersebut memicu massa aksi membalas kata kata, hingga terjadi adu mulut. Beruntung pihak satpol PP dan Kepolisian yang mengamankan jalannya aksi bisa melerai hingga kondisi kembali kondusif.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, saat menerima perwakilan massa aksi, menyampaikan, tidak perlu demo kalau hanya ingin menyampaikan aspirasi.

“Lain kali nda usah demo kalau mau sampaikan aspirasi, langsung saja temui saya, atur jadwalnya lewat protokoler. Kalau untuk kepentingan warga saya utamakan, karena saya hadir di Bulukumba untuk mengabdikan diri mensejahterakan saudaraku dengan meningkatkan ekonomi rakyat. Ujarnya memulai pembahasan

Bupati yang berlatar belakang pengusaha itu juga merespon baik aspirasi para demonstran terkait permasalahan pertanahan. Selain itu mendatangkan salim group di Bulukumba berinvestasi kelapa sawit, Bupati juga akan melakukan kajian yang serius, baik dampak lingkungan dan keuntungan yang didapat warga.

“Sebelum kami datangkan salim group perlu kami adakan dulu kajian, karena saya paham investasi, saya ini pengusaha paham soal itu. Yang jelas semua kebijakan yang saya ambil keberpihakannya kepada rakyat kecil. Tuturnya.

(Nawir/red)