Ratusan Pejabat Pemkab Bulukumba di Masa Pemerintahan Sukri-Tomy Terancam Kembali Ke Jabatan Semula

Maret 11, 2021 - Armada

Bulukumba, News Armada.com – Ratusan Pejabat Pemkab Bulukumba yang mendapat jabatan saat mutasi pejabat pada masa pemerintahan Andi Sukri Sappewali dan Tomy Satria Yulianto, terancam kembali mejabat ketempat semula.

Pasalnya, mutasi ASN saat itu diduga melanggar sistem merid dalam proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, serta rotasi PNS dalam jabatan administrator dan pengawas. Pengembalian ratusan pejabat Pemkab Bulukumba ini berdasarkan hasil rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) No:906/KASN/3/2020.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba H. Patudangi Azis saat dikonfirmasi melalui via telepon pada Kamis (11/3/2021) menjelaskan bahwa seusai melakukan konsultasi di KASN di Jakarta memperoleh rekomendasi yang sifatnya mengikat dan harus di tindaklanjuti oleh pejabat pembina kepegawaian dan pejabat berwenang untuk mengembalikan pejabat yang memperoleh mutasi di masa pemerintahan sebelumnya kembali ke jabatan semula.

“Dengan rekomendasi tersebut yang bersifat mengikat dan wajib di tindak lanjuti oleh pejabat pembina kepegawaian dan pejabat yang berwewenang dalam hal ini Bupati untuk mengembalikan ke jabatan semula,” kata wakil ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi Azis.

Lebih lanjut menurut Patudangi kalau berdasarkan pada mutasi tanggal 2 dan 7 Januari 2020 lalu, sebanyak 268 orang yang harus dimutasi kembali di jabatan semula. Pengembalian ASN yang mendapat jabatan diduga melanggar aturan yang berlaku.

Sebelumnya dibeberapa media diberitakan bahwa Bupati Bulukumba terpilih A. Muchtar Ali Yusuf, meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), segera menindaklanjuti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tersebut. Bahkan A. Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba memberi degline waktu kepada BKPSDM paling lambat 10 hari untuk segera menindaklanjuti rekomendasi KASN.

 

(Bandhys)