Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan Bulukumba Resmi di Tahan Atas Korupsi BOK 13,4 Miliar

Maret 10, 2021 - Armada

Bulukumba, News Armada.com Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba, resmi menahan Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan Bulukumba inisial ER (42) atas dugaan kasus korupsi dana bantuan operasional kesehatan (BOK) tahun anggaran 2019.

ER resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan kurang lebih 8 jam oleh penyidik Tipikor Polres Bulukumba dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) senilai Rp 13,4 miliar yang sebelumnya ER telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 2 Maret 2021 lalu, setelah penyidik melakukan gelar perkara di Polda Sulsel.

Ipda Muh. Ali menyebutkan bahwa ER ditetapkan sebagai tersangka karena perannya sangat sentral dalam kasus ini karena semua dana keluar melalui ER yang menjabat selaku Kasubag Keuangan di Dinkes Bulukumba.

“Masih kita lakukan penyelidikan, tersangka ditahan di Rutan Polres Bulukumba. Penahanan dilakukan sampai 20 hari ke depan,” kata Kanit Tipikor Polres Bulukumba Ipda Muhammad Ali kepada News Armada.com, Rabu (10/3/2021).

Ipda Muh. Ali juga menambahkan bahwa berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), ditemukan kerugian negara sebesar Rp13,4 miliar akibat dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dikorupsi dari total anggaran kurang lebih Rp17 miliar.

ER dikenakan Pasal 2 subsider Pasal 3 dan Pasal 1 ayat KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun.

Pihak penyidik Tipikor Polres Bulukumba juga menyita beberapa alat bukti berupa rekening koran, buku catatan keluar masuk uang dan surat pertanggungjawaban keuangan dari 20 Puskesmas dan Dinas Kesehatan Bulukumba.

Ipda Muh. Ali mengaku tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus ini sehingga pihaknya me jo kan ke Pasal 55 KUHP karena kuat dugaan masih ada tersangka lain yang turut serta dan bersama sama melakukan penyalahgunaan yang mengakibatkan kerugian negara.